Selasa, 23 April 2013

Green Productivity, Strategi Peningkatan Mutu, Produktivitas, Efisiensi & Kinerja Lingkungan



Produktivitas merupakan kata kunci di dalam keunggulan dan mempertahankan efisiensi sebagai industri kelas dunia, karena di dalamnya memiliki 3 unsur penting berupa efisiensi dalam pengelolaan sumber daya yang dipakai, efektivitas dalam pencapaian hasil-hasil pekerjaan (output) dengan tingkat kualitas yang diinginkan.
Ini merupakan “ the will” dan “effort” untuk meningkatkan mutu kehidupan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini untuk stakeholder, karyawan, pelanggan, lingkungan maupun masyarakat secara keseluruhan.
Untuk mencapai hal tersebut di atas, berbagai sistem manajemen modern diadopsi dan diterapkan, seperti; Just in Time (JIT), Total Productive Maintenance (TPM), SMK3, Six Sigma, Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige, ISO 9000, ISO 14000, ISO 22000, SMP, Proper, dll semakin banyak diadopsi oleh perusahaan untuk diterapkan dalam rangka mencapai kinerja mutu, produktivitas dan efisiensi yang tinggi.
Dalam menerapkan berbagai program peningkatan kinerja baik mutu, produktivitas, efisiensi, dsb pada era modern ini perusahaan dihadapkan pada isu-isu lingkungan dimana dalam mencapai kinerja mutu, produktivitas dan efisiensi, masalah lingkungan juga harus mendapat perhatian yang serius baik atas inisiatif, niat baik dan kesadaran dari perusahaan sendiri maupun untuk memenuhi tuntutan-tuntutan internal dan eksternal perusahaan terkait isu-isu lingkungan.
Salah satu program yang menggabungkan produktivitas, efisiensi dan ramah lingkungan adalah Green Productivity.
Green Productivity adalah upaya pengelolaan lingkungan yang dikembangkan berdasarkan konsep-konsep “up of pipe”. Program ini menitikberatkan pada proses produksi yang ramah lingkungan dimana proses produksi dijalankan secara prima dalam mencapai kinerja produktif, efisien dan ramah lingkungan dengan penggunaan sourcing yang optimal dan meniminalkan non product oputput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar